Minggu, 12 Desember 2010

gerak jatuh bebas

Pada saat kita menjatuhkan benda dari ketinggian tertentu, maka timbul pertanyaan, apakah kelajuannya tetap atau di percepat,apakah jaraknya bergantung pada bentuk, ukuran, atau warnanya? Filsuf yunani yang bernama Aristoteles menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini berdasarkan prinsip jenis benda atau zat mempunyai tempat alami di mana ia berada dan kemana ia pergi. Jadi apa secara alami akan naik ke atas ke arah matahari dan bintang. Batu adalah benda bumi dan ia akan jatuh ke asalnya di bumi. Batu besar lebih membumi dari pada batu yang kecil, sehingga batu besar akan javh lebih cepat.
Lebih dari 2000 tahun, tak seorang pun merasa perlu melakukan eksperimen untuk mendapatkan informasi tentang kesemestaan fisika, sampai Galileo ( 1564 - 1642 )
melakukan revolusi di bidang sains dengan melakukan eksperimen. Apa yang ditemukan oleh Galileo, sebagai hasil pengukuran yang teliti, adalah bahwa " semua benda yang jatuh bebas mempunyai percepatan yang sama pada tempat yang sama di dekat permukaan bumi ". Percepatan ini disebut percepatan gravitasi dan disimbolkan dengan huruf g, g memiliki nilau yang berbeda ditempat yang berbeda. Namum rata-rata nilai g diatas permukaan laut adalah 9.81 m/s^2 . Nila g dikutub adalah 9.83 m/s^2 dan di ekuator 9.78 m/s^2 , nilai ini masih kecil dibandingkan nilai g di puncak Mount Everest.
Kesimpulan Galileo bahwa semua benda jatuh dengan percepatan yang sama dan konstan merupakan idealisasi realitas. Dalam kenyataannya percepatan yang dialami oleh suatu benda dipengaruhi oleh lokasinya di Bumi, ukuran, dan bentuknya, massa jenisnya, dan keadaan udara. Sebagai contoh, sebuah batu jatuh lebih cepat daripada bulu ketika di udara, karena pengaruh gaya apung dan hambatan udara. Dalam ruang hampa, batu dan bulu jatuh dengan percepatan yang tepat sama.
Gerak jatu bebas adalah gerak lurus berubah beraturan yang memiliki kecepatan awal Vo = 0 dan mengalami percepatan a = g. Dengan demikian kita dapat menerapkan rumus gerak lurus berubah beraturan pada benda yang bergerak jatuh bebas. Perlu diingat bahwa arah percepatan gravitasi g adalah selalu ke bawah, tidak peduli apakah kita berhubungan dengan benda yang jatuh atau benda yang mula-mula dilempar keatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar